Coba-coba Water Roux

Subuh-subuh jam setengah 4 aku sudah beranjak bangun dan memulai ritual hamburin dapur. Hihihihiii. Kali ini mo coba bikin roti empuk pake metode water roux. Resepnya ambil dari sini. Terimakasih, Mbaknya..semoga dapat pahala yaa *sun

Oce, langsung saja ini resepnya…

Water Roux:
25 gr tepung protein tinggi
125 ml air

Cara buat:
Aduk rata tepung dan air pake hand whisker. Panaskan di atas api kecil sampe berubah jadi pasta berwarna putih susu. Jangan sampe berubah jadi abu-abu yaa, nanti ga bisa dipake lagi. Biarkan dingin hingga saat akan digunakan.

Roti:
375 gr terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang
1 bungkus fermipan kemasan 11 gr
75 gr gula kastor (aku pake 80 gr gula pasir biasa)
35 gr susu bubuk
1 sdt vanila susu l’arome
1 sdt Garam (aku ga pake)
2 kuning telur
Water roux
150 ml air (aku pake air matang biasa)
50 gr butter suhu ruang (aku pake 4 sdm butter hollman dari kulkas, masih agak keras)

Bahan polesan, aku pake satu putih telur dikocok rata bersama 1 sdm susu cair. Lumayan bikin permukaannya mengkilat.

Caranya
1. Masukkan Β» tepung, fermipan, gula, susu bubuk, vanila, kuning telur, water roux. Aduk rata. Aku pake mixer kesayangan, Bosch. Aduk sebentar pake mode pulse asal kecampur aja.
2. Masukkan air. Perhatikan kondisi tepung. Aku pakenya sama kayak di resep, 150 ml. Aduk terus, tingkatkan kecepatan hingga kecepatan 3.
3. Setelah setengah kalis, masukkan butter. Uleni terus sampe kalis elastis.
4. Bulatkan adonan, taruh di baskom yang telah dioles margarin. Tutup dengan serbet. Diamkan hingga mengembang 2x lipat, sekitar 30-45 menit;
5. Siapkan oven. Panaskan di suhu 200 C, api atas bawah, rak tengah.
6. Kempiskan adonan, uleni lagi sebentar sampe gasnya habis. Adonan siap dibentuk. Tata di loyang yang telah dioles margarin, diamkan lagi 30-45 menit (proofing kedua)
7. Panggang selama 15 menit. Kalo mo lebih licin permukaannya dan lebih wangi, panas-panas bisa langsung dipoles mentega. Hhhmmmm…seddaaappp.

Aku membagi adonan ini jadi 16 bagian. Isiannya bisa sesuai selera aja: dark chocolate dicincang, meses, keju, sosis, atau abon. Kali ini aku pake yang bahannya tersedia di rumah, ada meses, keju parut, selai kacang, abon. Dan, karena ga ada sosis, aku pake crab stik sintetis aja. Monggo browsing-browsing sendiri aja cara ngebentuk rotinya ya, Buibu..

image

Hasil akhir roti ini ternyata beda dengan roti yang resepnya biasa aku pake. Roti ini lebih lembuuuttt, lebih empuk, lebih moist (maksimal waktu pemanggangan 15 menit di suhu 200 C. Pernah kelebihan 5 menit, langsung berasa kering. Masih empuk tapi ga moist). Dan yang pasti eggless ya. Soalnya untuk takaran 500gr tepung cuma butuh 2 kuning telur saja. Sedang, di resep yang biasa aku pake, kalo 500gr ya butuhnya 4 kuning telur. Selain itu juga lebih sedikit mentega. Tapi ada tambahan vanila susu yang harganya emang agak mahal (12,500/25gr. Mak! Mihilnya!)

image
image
image

image

image

Masih empuk setelah 2 hari! Sumpah!! Simpan di wadah tertutup yaaπŸ˜€

Dan kayanya aku bakal stick dengan resep water roux inih ^^

Selamat mencoba! Kalo mo dipraktekkin silakan. Satu resep, beda tangan, bisa beda hasil yaa..Tapi kalo ngga sempet, silakan bisa pesen ke aku yaa…tetep jualanπŸ˜€

Leave a Reply

