My First roti ala Natural Cooking Club

Perhaps u may know that I had such a hardtime lately. And because of that, I abandon my kitchen, my dough mixer and my oven tangkring alias si otang. But, I had been watching a television channel called Asian Food Channel and suddenly I get my baking passion back.

Started with Anna Olson cooking show which her blueberry sticky bun that inspired me. So I decided to make some breads. I’ve bought some ingridients, unfortunately, I ran out the cream cheese. So, I decided to use bread recepi from Natural Cooking Club. And here is the recepi. With innovation, adjusted with my kitchen stock.

Roti Empuk (Resep Dasar Roti)
By : Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 tepung terigu protein tinggi (me using all purpose flour)
100 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
4 kuning telur
11 gr ragi instan (1 sachet, me using fermipan)
3 gr bread improver (me using baker bonus)
130 ml susu cair (cool temperature from refrigerate)
100 ml air es (room temperature)
100 gr mentega/margarin (Anchor salted butter/ blueband)
1 sdt garam (skip)

Bahan olesan:

Kocok rata: 3 btr telur, Β½ sdt garam dan 2 sdm susu. (Skip)

Cara membuatnya:

1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
2. Masukkan susu, air dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis.
4. Istirahatkan adonan 15 menit. (Until rise twice bigger)
5. Adonan siap dibentuk.

image

Adonan yang sudah selesai diuleni dan siap di-proofing tahap pertama

image

Hasil ulenan sebelum proofing. Senang banget hasil ulenannya kalis, elastis dan licin

Di sini, meniru bentuk roti-nya Anna Olson, separuh adonan aku bentuk menjadi persegi panjang, aku isi dengan sebatang keju cheddar yang sudah diparut, kasi sedikit susu kental manis lalu digulung, dipotong-potong menjadi 10/12 bagian. Setiap potongan masukin ke loyang muffin yang sudah dioles margarin kemudian aku istirahatkan di ruangan berAC, sedangkan separuh sisanya aku potong-potong menjadi 8 bagian lalu dibentuk bulet-bulet aja, polos ga pake isi. Trus aku tinggal pergi makan malam deh sama Jamesha dan MamaπŸ˜€

Harapannya, suhu dingin ruangan berAC akan memperlambat reaksi ragi jadi bisa ditinggal. Dan berhasil. Roti sudah mengembang cantik ketika aku tiba di rumah dan siap dipanggang.

6. Potong dan timbang adonan @ 50 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 15 menit lagi, lalu dibentuk dan diberi isi. 7. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. Oles permukaannya dengan bahan olesan.
8. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Angkat. Panas-panas langsung olesi permukaannya dengan mentega.

Aku terilhami dengan metode Anna Olson. Doi membuat blueberry sticky bun buat acara sunday brunch bersama sodara2nya. Adonannya disiapin dari semalam. Si roti udah diisi dan di tata di loyang muffin lalu disimpan di kulkas semalaman. Pas mo dihidangin baru dipanggang. Sekitar 180 dercel selama 30 menit. Good ide biar ga riweuh bikin roti. Okesip.

image

Ini dia roti yang meniru metode Anna Olson. Fresh from the oven. Oke, aku males nyiapin bahan polesannya, jadi kita kehilangan aspek shiny on top-nya

image

Ini yang polos dibentuk bulet-bulet aja

image

Si yang bulet bulet polos ini akhirnya aku jadikan roti abon saja. Enyaakk seperti biasaπŸ˜€

image

Hasilnya empuk seperti yang aku harapkan. Thanks to baker bonusπŸ˜€

image

As my baking passion back, I had this as first thing first in sunday morning. Ouch!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s